News Update :
Home » » Aneka Ragam Paranormal

Aneka Ragam Paranormal

Penulis : Unknown on Sabtu, 13 April 2013 | 03.32

Suatu ketika saya pergi ke seorang perempuan tua di pelosok Kabupaten Bantul dan mewawancarainya untuk Tabloid Mistik, media metafisika yang terbitan Jakarta sekitar tahun 1998. Perempuan yang dipanggil “Yu Yah” ini berprofesi sebagai paranormal.

Cara Yu Yah matek aji sangat sederhana; MEDITASI di dalam kamar sesaat dan membawa sedikit syarat seperti paku, uyah (garam) dan beberapa benda kecil lain. Benda ini diyakini Yu Yah mampu membawa kekuatannya dan diberikan ke pasien untuk berbagai keperluan.

Rata-rata kaum paranormal di negeri ini juga harus bermeditasi meskipun dengan BENTUK dan GAYA yang bermacam-macam. Ada yang sekedar ngobrol saja dengan pasien, ada yang harus trance dulu untuk berhubungan dengan roh makhluk halus, ada pula yang cukup dengan diam memejamkan mata dan menyuruh pasiennya pulang.

Berdasarkan gaya dan cara kaum paranormal melakukan semedi, menangani pasien, dan mengambil energi/kekuatan alam saya menggolongkan mereka menjadi dua jenis. Pertama, paranormal yang memakai bantuan makhluk halus, perewangan, khodam dll. Kedua, paranormal yang menggunakan murni energi alam yang sudah diolah sedemikian rupa dengan OLAH BATINNYA sehingga akhirnya bersenyawa kuat pada diri seorang paranormal.

Apapun energi yang diambil, seorang paranormal selalu menggunakan teknik meditasi. Yaitu menyesuaikan gelombang otaknya sehingga akan muncul intuisi tertentu untuk memasuki sebuah dimensi gaib.

Dari banyaknya kaum paranormal yang saya wawancarai umumnya memperoleh ilmu dengan berbagai macam cara yang tidak terduga. Ada yang datang begitu saja saat dia tertidur lalu tiba-tiba bermimpi didatangi leluhurnya dan mengirimkan benda tertentu untuk dipergunakan sebagai medium. Ada yang harus berpuasa dan berguru ke seseorang yang linuwih sehingga suatu ketika mendapatkan ilmu yang diharapkan (ini jumlahnya paling banyak) dan ada pula paranormal yang sejak lahir sudah dikaruniai bakat alam (jumlahnya paling sedikit).

Dan ini yang perlu diketahui, bahwa paranormal itu bukan manusia yang tahu segalanya. Paranormal juga manusia biasa seperti kita yang memiliki kelebihan di bidang tertentu saja. Bisa jadi di bidang lain dia tidak tahu apa-apa. Seperti kemampuan meramal, kemampuan menyembuhkan sakit, kemampuan melakukan santet, kemampuan melakukan pembersihan energi negatif di suatu tempat, kemampuan menyembuhkan orang pingsan, kemampuan untuk mengambil benda-benda bertuah, kemampuan mentransfer ilmu kebal, kemampuan untuk memanggil khodam dan lain-lain.

Maka, sangat berlebihan kiranya bila seorang paranormal mengaku menguasai segala jenis ilmu. Paranormal harusnya justeru perlu rendah hati dan tidak mengklaim dirinya paling sakti di alam semesta. Paranormal harusnya memegang KODE ETIK PARANORMAL yaitu ingin membantu mereka yang kesulitan dan membutuhkan bantuan dengan MEMPERCAYAI bahwa kekuatan yang dimilikinya berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sepengetahuan saya, paranormal yang sudah dikaruniai bakat alam sejak awal, biasanya memiliki kekuatan yang lebih kuat dari paranormal yang harus melalui proses belajar untuk memperoleh kesaktian. Namun ada juga yang sudah dari sononya memiliki bakat alam namun tidak malas terus mengasah dengan proses belajar dan laku prihatin. Untuk jenis paranormal terakhir ini, jumlahnya sedikit.

PARANORMAL MODERN MEMAKAI METODA ILMIAH

Lain dulu lain sekarang. Kini, perkembangan ilmu pengetahuan khususnya parapsikologi sampai para pertanyaan kenapa seseorang memiliki kemampuan linuwih yang membedakan dengan orang kebanyakan?

Berdasarkan temuan ilmiah dibidang parapsikologi, ternyata gelombang-gelombang otak tertentu berperan melakukan berbagai kegiatan metafisis yang biasa dimiliki kaum paranormal. Jadi, sekarang untuk sakti tidak perlu puasa mutih, ngalong, nrowot dan lain-lain. Ini jenis paranormal modern.

Dasarnya adalah bagaimana menstimulasi otak dengan gelombang suara yang unik. Sebagaimana yang pernah diungkap oleh lembaga sains dan penelitian tentang otak, suara memiliki pengaruh besar terhadap kinerja otak. Contohnya efek musik Klasik berbeda pengaruhnya ke tingkat keriangan seseorang dibanding musik Jazz. Berdasarkan pada konsep frekwensi suara inilah, para pakar menemukan alat stimulasi otak yang mampu menghasilkan frekwensi suara khusus. Alat itu dikenal dengan nama Binaural Beat Frequency.

Alat ini akan mengeluarkan suara dengan frekwensi tertentu yang dihasilkan melalui perhitungan matematika yang kompleks sehingga mampu menginterferensi dan menstimulasi gelombang otak untuk memasuki kondisi “trance” (frekwensi theta). Alat ini konon diklaim memiliki pengaruh yang kuat dalam menstimulasi gelombang otak manusia memasuki frekwensi tertentu, seperti alpha, theta & delta.

Entah apakah alat tersebut benar-benar hebat sehingga bisa segera mengantar penggunanya untuk mampu memunculkan energi tertentu yang tersimpan dari bawah sadar kita atau tidak jelas, masih perlu pembuktian. Saya sendiri belum pernah mencoba alat tersebut.

Namun teorinya, dengan menyelaraskan gelombang otak pada frekwensi tertentu maka kita mampu atau bisa memiliki kekuatan metafisika yang sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. Pendapat ini ditemukan sudah sejak tahun 1960 yang dilakukan oleh berbagai ilmuwan neurosains yang menyimpulkan bahwa frekwensi suara tertentu dapat menpengaruhi keadaan seseorang.

Seseorang yang gelombang otak pada frekwensi beta (12 – 25 cps) melakukan kegiatan berpikir, berinteraksi, dan menjalani kehidupan sehari. Gelombang otak pada frekwensi alfa (8 12 cps) menyadari keberadaan mimpi dan keadaan meditasi dalam karena gelombang alfa adalah jembatan penghubung antara pikiran sadar dan bawah sadar. Sedangkan gelombang otak pada frekwensi theta (4 – 8 cps) memasuki alam bawah sadar yang mengalami kondisi meditasi sangat mendalam.

Seseorang yang berprofesi sebagai paranormal dan penyembuh gelombang otaknya lebih banyak mengandung frekwensi delta (0,1 – 4 cps). Frekwensi delta bertindak sebagai “radar” yang mendasari kerja intuisi, empati dan tidakan yang bersifat instink sehingga membangkitkan energi tubuh (kundalini/cakra/aura/chi), mata bathin, terawangan, psikometri ESP (Extra Sensory Perception), telepathy, telekinetis, psychokinetis, lepas sukma, peningkat daya seksual, peningkat metabolisme tubuh dan bahkan membantu mencapai tingkat kesadaran dan kebijakan tertinggi.

HIPNOSIS

Satu lagi kemampuan yang kerap dihubung-hubungkan dengan paranormal adalah kemampuan hipnosis. Konsep hipnosis telah ada sejak awal peradaban manusia, hipnosis selalu dihubungkan dengan berbagai ritual keagamaan dan kepercayaaan, kekuatan magis dan supranatural.

Hipnosis secara konvensional adalah salah satu kondisi kesadaran (state of consciousness), dimana dalam kondisi ini manusia lebih mudah menerima saran (informasi). Konsep hipnosis terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Hipnosis secara modern adalah teknik untuk membypass atau mempekecil ’critical factor’ dari conscious, sehingga RAS (Reticular Activating System) terbuka, dan informasi dapat memasuki sub-conscious.

Sinyal beta merupakan sinyal paling dominan di antara sinyal yang tertangkap Elektro Encepalograph –sebuah alat pendeteksi gelombang otak—sehingga ini menjelaskan bahwa pada saat kondisi hipnosis 1 dan hipnosis 2, pikiran tetap terjaga atau sadar. Sinyal alpha meningkat pada kondisi hipnosis 1 dimana pikiran akan terasa rileks dan santai namun terfokus, Sinyal theta meningkat pada kondisi hipnosis 2 setelah pikiran dibimbing untuk berimajinasi melakukan suatu kegiatan atau berada di suatu tempat yang mudah dirasakan oleh pikiran. Sinyal delta relatif kecil pada semua kondisi karena sinyal delta meningkat pada keadaan tidur lelap.

Setiap hari manusia pasti masuk ke kondisi hipnosis. Misalnya, saat kita sedang nonton TV, kita fokus pada 1 hal yaitu film yang sedang kita tonton. Pada saat membaca buku, mengetik komputer, kita pun fokus pada hal yang sedang kita kerjakan. Oleh karena itu bila kita ukur gelombang otak kita, kita sedang berada dalam kondisi Alfa, kita sedang dalam kondisi hypnosis. Pada saat kita meditasi, jika pikiran kita sudah tidak kesana kemari dan kita mulai konsentrasi pada 1 fokus maka gelombang otak kita berada dalam kondisi Alfa atau Teta. Bahkan setiap kita tidur kita harus melewati kondisi hipnosis sebelum tertidur pulas, yaitu dari gelombang Beta ke Alfa – Teta akhirnya Delta.

Lalu mengapa kita perlu mencapai gelombang Alfa atau Teta ? Karena bila kita berada dalam gelombang Beta (fokus yang terpecah) kita tidak akan bisa belajar atau menerima apapun. Bayangkan seperti ini, bila anda sedang berada di ruangan mesin yang ribut, anda tidak akan bisa mendengar suara teman anda, anda harus menurunkan suara mesin itu lalu fokus pada suara teman anda baru bisa mengerti apa yang ia katakan.

Sama seperti itu, hipnotis adalah metode untuk menurunkan gelombang sibuk anda (Beta) supaya mencapai Alfa atau Teta agar kita bisa lebih fokus. Bahkan kita sangat perlu berada di gelombang Alfa atau Teta untuk bisa belajar misal pada saat kuliah, mendengar ceramah, membaca buku, dan sebagainya.

Ada sebuah pengalaman unik yang terjadi pada anak saya. Suatu ketika dia ditakut-takuti oleh tetangga akan ditabrak sepeda motor. Sehingga dia menjadi trauma terhadap raungan suara motor yang melintas. Kenapa hal ini terjadi? Karena pada saat ia mendengar suara tersebut, otaknya berada di kondisi Alfa atau Teta sehingga ia menjadi reseptif terhadap suara. Lalu bagaimana yang terjadi di acara-acara hiburan di TV yang menampilkan orang terhipnotis lalu diubah namanya atau berperilaku aneh? Apakah kesadarannya dilemahkan dengan hipnotis? Prosesnya sama, yang dilakukan oleh para hipnotis adalah dengan menggunakan metode hipnosis menurunkan gelombang otak orang itu menjadi Alfa atau Teta sehingga ia menjadi reseptif pada sugesti sang hipnotis.

Lalu kemanakah kesadarannya ? Apakah hilang ? Tidak hilang! Kesadarannya tetap ada bahkan ia sangat sadar. Misalnya, seorang lelaki bernama Eko diubah namanya menjadi Ria. Eko masih sangat sadar bahkan pada saat ia bilang namanya adalah Ria tetapi kesadarannya tidak cukup kuat untuk menolak sugesti sang hipnotis. Lalu apakah kesadaran Eko sedang dilemahkan melalui hipnotis? TIDAK! Memang kesadarannya sudah lemah dari awalnya dan melalui hipnosis jadi terlihat.

Jika begitu apa bedanya kita semua dengan yang terhipnotis di televisi itu? Ketika kemarahan menguasai kita, kita menjadi terfokus pada hal yang menyebabkan kita marah, lalu kita bereaksi galak dan mengomeli orang lain. Bukankah kita saat itu terhipnotis oleh kemarahan kita? Bukankah saat itu kesadaran kita pun lemah sehingga tidak bisa menyadari kemarahan yang muncul?

Jika demikian mengapa kita bisa menyimpulkan bahwa hipnosis membuat kesadaran kita melemah jika setiap harinya kesadaran kitapun lemah dan terlarut dalam kemarahan, keserakahan, kebencian, irihati? Lalu kemanakah kesadaran kita saat itu? Jika memang hipnosis bisa melemahkan kesadaran maka sesungguhnya kita sedang melemahkan kesadaran kita dengan menonton TV, dan kesibukan-kesibukan otak lainnya. Bukankah berdoa juga berada dalam kondisi hipnotis?

Hipnosis sesungguhnya sangat bermanfaat karena ini adalah metode komunikasi untuk mencapai gelombang otak Alfa atau Teta. Melalui relaksasi dalam, kita bisa mensugestikan sebuah kebijaksanaan hidup.

Hipnosis hanyalah suatu metode, yang jika kita bisa mengolahnya dapat kita gunakan untuk meningkatkan kebijaksanaan kita. Jadi semuanya itu menjadi pilihan anda, mau menggunakan hipnosis untuk melihat kehidupan lalu dan mengambil kebijaksanaannya atau mau tidak menggunakannya.

Seperti sebilah pisau, ia bisa digunakan untuk kejahatan tetapi juga bisa kita pakai untuk membantu untuk membantu kegiatan masak untuk menghasilkan berbagai makanan bergizi. Tetapi pisau hanyalah pisau, ia tidak termasuk barang baik atau buruk. Sama seperti hipnosis, ia bisa digunakan untuk hal negatif tapi bisa juga digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Seorang rekan saya bereksperimen dengan hipnoterapi terhadap anaknya yang masih SD. Ketika sang anak sedang dibuai untuk tidur maka dia menyampaikan pesan-pesan baru ke alam bawah sadar anaknya dengan mengatakan bahwa sang anak adalah anak yang rajin, pintar, baik hati, selalu bisa dalam belajar, dan hal-hal baik lainnya. Sekitar dua minggu kemudian mendadak prestasi belajar anaknya meningkat drastis. Rekan saya pun terkejut dengan hasil yang tidak disangkanya tersebut.

Semacam dengan hal tersebut adalah efek dongeng sebelum tidur bagi anak. Dongeng-dongeng dengan pesan moral biasanya sangat membekas dalam ingatan anak bahkan hingga dewasa. Karena itu sangat penting untuk menyempatkan diri mendongeng kepada anak dengan pilihan dongeng-dongeng yang bermoral baik, karena secara langsung dongeng tersebut akan masuk ke dalam alam bawah sadar anak. Sebaliknya sangatlah buruk memberi pengantar tidur dengan memarahi anak, memberi tontonan seram, dan perlakuan kasar, karena hal itu akan membekas saat anak hampir tidur.

Yang juga penting dilakukan adalah self hipnoterapi, yaitu dengan menyatakan kalimat-kalimat positif kepada diri sendiri. Salah satu cara adalah dengan tiduran, atau duduk rileks memejamkan mata, kemudian menenangkan diri tidur-tiduran, lalu menyatakan kalimat positif , “Wong Alus (ganti nama Anda) kamu sukses, kamu sehat, kamu luar biasa…”

Ikutilah dengan membuat ANCHOR/TRIGGER/PEMICU/ sebuah peristiwa kesuksesan yang pendah Anda buat. Misalnya sambil menepuk dada atas kiri, bahu belakang kanan, atau paha kanan. Mengapa di daerah itu? Itu adalah daerah yang hanya orang terdekat yang menyentuhnya, seperti ibu, sahabat, dan keluarga yang pernah menyentuh kita saat kita berada di puncak sukses.

Pada saat daerah tersebut disentuh maka alam bawah sadar akan mengatakan ‘ini pesan dari orang yang dekat denganku’ dan dia menjadi terbuka untuk menerima pesan tersebut. Dengan demikian apapun yang disampaikan tadi menjadi bagian alam bawah sadar dan diingat olehnya.
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

Untuk mempelajari berbagai macam ilmu spiritual dan supranatural ini, terlebih dahulu perkuat Pondasi keTauhidan, Iman, Islam dan Ihsan serta jangan sekali kali ilmu ilmu itu disalah gunakan untuk hal hal yang negatif.

 
Design Template by Poetra Ponorogo | Support by creating website | Powered by Blogger